Cara memperlancar haid secara cepat & alami

Cara memperlancar haid secara cepat & alami - Haid atau sering kita sebut datang bulan(menstuasi) merupakan salah satu ciri keadaan normal yang terjadi pada kaum wanita yang dipengaruhi oleh hormon. Memiliki keterlambatan dari siklus menstuasi biasanya merupakan suatu gejala yang perlu anda perhatikan serta waspadai karena itu menandakan adanya masalah pada hormon anda. Saat anda mengalami hal seperti itu sebaiknya anda segera melakukan beberapa cara memperlancar haid, karena Siklus menstuasi yang tidak lancar dapat berbahaya jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Cara memperlancar haid secara cepat & alami

Banyak sekali penyebab terjadinya haid yang tidak lancar. Berikut salah satu penyebab-penyebabnya:

1. Stress
Stress bisa terjadi karena fikiran dan pekerjaan yang terlalu banyak atau berlebihan. Ketika seseorang memiliki tekanan atau stress tubuh akan mengurangi produksi hormon GnRH  yang menyebabkan tubuh wanita tidak haid, namun jika dikonsultasikan kedokter haid ini bisa datang secara normal kembali

2. Mengkonsumsi obat
Pada umumnya orang yang sakit lama serta mengkonsumsi pengobatan secara rutin akan menyebabkan mestuasi yang tidak lancar sesuai siklus haid biasa yang dialaminya.

3. Perubahan pola hidup
Perubahan jadwal kegiatan tentu mempengaruhi bagaimana tubuh bekerja, inilah yang menjadi penyebab haid tidak teratur. Hal ini biasanya dialami oleh karyawan yang memiliki pekerjaan dengan pergantian waktu.
Terlambatnya datang bulan membuat suatu masalah baru pada tubuh anda, hal ini tentu perlu segera anda atasi. Banyak sekali cara mudah yang anda bisa lakukan untuk memperlancar haid

Berikut cara-cara memperlancar haid secara alami dan pasti mudah untuk anda lakukan

1. Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup akan menjaga tubuh anda dalam keseimbangan.Usahakan untuk menyempatkan  waktu hari libur untuk menghilangkan stress. Karena stress itulah yang menyebabkan telatnya datang bulan

2.Olahraga Ringan
Cara memperlancar haid bisa anda lakukan dengan cara olahraga ringan saat menjelang menstuasi, Olahraga memang sangat menyehatkan untuk kesehatan. Olahraga yang ringan bisa anda lakukan yaitu baik olahraga yoga  atau jogging.

3. Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman
Pakaian dalam yang nyaman yakni pakaian yang mudah menyerap keringat dan ukuran yang tidak kekecilan(terlalu ketat). Pakaian yang nyaman tentu  akan memudahkan anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari ketika sedang haid.

4. Tingkatkan Konsumsi Makanan
Makanan yang dimaksud adalah makanan yang dapat membantu melancarkan haid yaitu  sebagai berikut :

a. Sayuran hijau
Sayuran hijau tidak hanya  kaya zat besi dan vitamin B, namun sayuran hijau  dapat menghitung serat yang tinggi juga dapat membantu dengan masalah pencernaan sering dikaitkan dengan siklus menstruasi anda.

b. Kacang-kacangan.
Kacangan merupakan makanan yang kaya lemak baik atau omega-3 dan ini  dapat membantu dan lebih mengisi daripada kalori ketimbang junkfood

c. Daging Merah.
Daging merah merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan asupan zat besi anda selama menstruasi. Hal ini untuk mengganti zat besi yang hilang setiap bulannya. Wanita yang makan daging merah akan bisa mendapatkan zat besi yang cukup dari makanan.

5. Menggunakan Jamu Tradisional
Jamu merupakan salah satu cara memperlancar haid secara alami yang mampu menjadi alternatif anda untuk memperlancar haid. Anda dapat membuat rebusan jamu tradisional ini  dengan cara merebus 2 rimpang kunyit,1/2 sendok teh ketumbar,1/2 sendok teh biji pala dan 1/2 genggam daun srigading. semua bahan direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian saring dan anda bisa mengkonsumsi satu gelas sehari.

Nah, diatas adalah Cara memperlancar haid secara cepat & alami yang dapat dijadikan referensi untuk Anda.

Related Posts: